Senin, 12 April 2010

CARDIOVASCULAR SYSTEM part 1: REGULATION OF HEART RATE




Denyut jantung (heart rate/ HR) merupakan salah satu penentu utama dalam semua fungsi jantung. Cardiac Output (CO) secara umum ditentukan oleh denyut jantung (heart rate/ HR) secara proporsional.

HR merupakan fungsi intrinsik SA (sinoatrial) node (depolarisasi spontan) tetapi dipengaruhi oleh faktor konduksi jantung, autonomik, sistem saraf pusat, dan humoral yang berespon terhadap kondisi internal dan eksternal.

Mekanisme neural bekerja mengontrol HR alamiah pada jantung dengan mengubah kecepatan konduksi pada AV (atrioventricular) node. Sinyal dari reseptor autonom di sirkulasi ditransmisikan ke batang otak yang akan menentukan apakah akan ditingkatkan HR melalui sistem simpatis atau diturunkannya HR melalui sistem vagal. HR normal dikontrol terutama oleh tonus vagal.

Denyut intrinsik normal dari SA node pada dewasa muda adalah 90-100 kali/ menit, tetapi akan berkurang sesuai dengan umur menurut rumus:

HR intrinsik normal adalah= 118 – ( 0,57x Umur)

Aktivitas vagal yang meningkat akan memperlambat HR melalui stimulasi reseptor kolinergik M2, sedangkan peningkatan aktivitas simpatis akan meningkatkan HR melalui aktivasi simpatis melalui reseptor beta-1 dan terutama reseptor beta-2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar